Skip to main content

Tips Membeli Laptop

Tips membeli laptop
Notebook atau laptop saat ini kelihatannya sudah menjadi suatu trend baru dikalangan anak muda. Diberbagai tempat terlihat banyak anak muda yang selalu membawa notebook. Di kampus, sekolah, ataupun mall. Padahal kalau kita mau berpikir panjang maka kita akan lebih memilih untuk membeli PC dari pada notebook. Kenapa? Karena tahukah anda bahwa umur dari notebook itu dirancang hanya berkisar maksimal berumur 2 tahun.

Memang sih ada yang berumur lebih panjang. Namun setelah beberapa tahun dan sudah bukan menjadi suatu trend seri notebook tersebut maka proses produksi dari notebook atau spertpart tersebut akan dihentikan. Jadi jika suatu saat notebook anda rusak maka harga spertpartnya akan bisa lebih mahal dari pada anda membeli notebook dulu. Atau bahkan sudah tidak ada lagi spertpartnya karena sudah discontinue alias sudah tidak diproduksi lagi.

Nah, karena sudah menjadi suatu tren baru untuk memiliki notebook dan anda mungkin ikut terjerumus oleh trend tersebut, maka berikut akan saya berikan beberapa tip’s untuk membeli Laptop/notebook.

1. Fungsi dan Ketersediaan Dana
Lihat dulu seberapa banyak dana dikantong anda kuat untuk membeli sebuah notebook. Pikirkan dahulu nantinya notebook anda akan digunakan untuk apa, apakah nantinya digunakan hanya sebatas untuk mengetik dan multimedia karena anda adalah seorang pelajar. Jika hal ini nantinya, maka anda cukup membeli notebook dengan spesifikasi yang rendah/sesuai kegunaan saja. Jika anda suka games mungkin anda bisa membeli notebook dengan processor AMD dengan VGA GeFORCE atau nVIDIA, namun jika anda memang gemar main games sebaiknya jangan membeli notebook untuk main games, cukup beli PC saja.

2. Masa Garansi.
Masa atau lama waktu garansi haruslah sangat dipertimbangkan, hal ini untuk menjaga jika sewaktu-waktu notebook trouble. Karena selama masih masa garansi maka segala biaya untuk segala jenis kerusakan(tidak termasuk software) adalah free alias gratis. Mungkin ketika suatu saat anda mengalami LCD notebook anda rusak, nggaris missal, maka jangan kaget jika masa garansi sudah habis dan anda ditawari oleh tempat anda service dengan harga setengah dari harga notebook tersebut, atau mungkin malah lebih mahal dari harga saat anda membeli notebook tersebut. Jika ada masa promosi dan didalam promosi tersebut dikatakan ada penambahan masa garansi maka segeralah ikuti saja promo tersebut, yah mungkin anda akan dikenakan biaya tambahan namun hal ini akan sangat menguntungkan anda disuatu hari kedepannya nanti.

3. Fisik Notebook
Lihat dan teliti tentang body dari notebook, apakah ada yang tergores atau tidak. Cek layar LCD, jangan sampai ada goresan sedikitpun. Periksa apakah ada dot pixel atau tidak. Jika ada segera minta ganti notebook yang lainnya. Hal ini untuk menjaga dikemudian hari jika ada trouble dengan LCDnya.

4. Instalasi OS dan Driver
Jika memungkinkan, mintalah tolong pada took tempat anda membeli notebook untuk meng-install-kan OS, semisal Vista, XP,atau Linux. Setelah itu cek semua fitur yang ada dari sound, webcam, Bluetooth, keyboard, touchpad dll. Apakah semua fitur berfungsi lengkap denganbaik atau tidak. Jika toko tidak bersedia segera setelah anda membeli minta tolong pada orang yang bisa menginstallkan notebook setelah itu cek semua fiturnya. Jika ada beberapa fitur yang tidak berfungsi segera kembali ketoko untuk menukar notebook anda-siapa tau took masih mau mengganti.

5. Kelengkapan Notebook
Cek apakah semua kelengkapan sudah ada, dari buku manual, CD driver (beberapa produk mungkin tidak menyertakan driver) buku garansi, dus serta adaptor. Coba cek apakah adaptor sudah berfungsi normal atau tidak

Comments

Popular posts from this blog

Luka Ku

Sebenarnya ku tak pernah ada rasa cinta Aku tak mengerti Seolah kau beri harapan yang pasti Membuaiku dengan penuh keindahan Tanpa disadari cinta itu hadir Dan aku tak sanggup menghindari Kau berikan aku kesejukan Yang tak pernah sku rasakan sebelumnya Reff : Tapi ternyata kau ada yang memiliki Sungguh kau buatku kecewa Aku terluka melihatmu dengannya Sungguh ku ingin kau menyadari Tanpa disadari cinta itu hadir Dan aku tak sanggup menghindari Kau berikan aku kesejukan Yang tek pernah aku rasakan sebelumnya Back To Reff Ingin aku untuk melupakan bayanganmu Berhenti untuk mengejarmu… Ooo…Ooo Back To Reff

Tak Bisa Hidup Tanpamu

telah habis kata terangkai untuk membuatmu kembali mengingat semua apapun janjimu aku mohon dengan sangat kepadamu waktu bersama denganmu tak sebanding dengan hancur hatiku begitu membekas di hidupku aku mohon dengan sangat kepadamu... Kembalilah...wahai sayangku hanya itu yang membuat aku tenang Kembalilah...kembali padaku aku takkan pernah bisa hidup tanpamu... Kembalilah...wahai sayangku hanya itu yang membuat aku tenang Kembalilah...kembali padaku aku takkan pernah bisa hidup Kembalilah...wahai sayangku aku takkan pernah bisa hidup dengan dia... dengan dia... dengan dia...